LAPORAN
A. PENGERTIAN LAPORAN
Laporan adalah suatu bentuk
penyampaian informasi, data , atau berita baik secara lisan atau tulisan .
didalam laporan terdapat kegiatan pencatatan, pengumpulan , pemeriksaan,
pengtikan, dan pengeelolaan data. Secara umum laporan adalah bentuk penyampaian
berita, keterangan atau pertanggung jawaban baik secara lisan maupun tulisan dari
bawahaan kepada atasan sesuai hubungan wewenang dan tanggunga jawab diantara
mereka.
B.
JENIS JENIS LAPORAN
a. laporan formal adalah penyajian data tentang
keadaan atau kegiatan yang telah dilakukan oleh seseorang seletelah
menyelesaikan tugas yang dibeikan . laporan ini berfungsi sebagai :
- alat
pertanggung jawaban secara tertulis
- alat
pendokumentasi
- alat
studi banding
- alat
pengambilan keputusan
- melatih
berpikir sistematis
laporan
formal terdiri dari :
I.
bagian pendahuluan
- bagian
pendahuluan tediri dari : judul, tujuan penulisan, identitas penulis,
isntansi , asal kota penyusunan, dan tahun.
- halaman
pengesahan
- halaman
motto
- halaman
pesembahan
- daftar
isi
- daftra
tabel
- daftar
gambar
- daftar
grafik
- abstrak
II.
bagian isi
- bab
1: pendahuluan, latar belakang, identifikasi masalah, pembatasan masalah,
rumusan masalah, tujuan dan manfaat penulisan.
- bab 2
: kajian pustaka
- bab 3
: metode penelitian
- bab 4
: pembahasan
- bab 5
: penutup
III.
penutup
- daftar
pustaka
- daftar
lampiran
- indeks
atau daftra istilah.
b.
laporan non formal adalah laporan yang tidak memenuhi beberapa unsur formal
diatas. laporan ini bersifat pribadi yang disesuaikan kepentingan penulis.
menurut bentuk laporan dibedakan atas
- laporan
berbentuk formulir isian
- laporan
berbentuk surat
- laporan
jurnalistik
- laporan
ilmiah
- laporan
berbentuk memorandum
- laporan
percobaan
- laporan
hasil pengamatan
- laporan
perjalanan.
C.
UNSUR UNSUR LAPORAN
secara
umum isi laporan penelitian meliputi unsur-unsur sebagai berikut :
- judul
- latar
belakang & perumusan permasalah
- tujuan
dan lingkup penelitian
- tinjauan
pustaka
- hipotesis
- cara
penelitian
- jadwal
penelitian
- daftar
pustaka
- lampiran
D. CONTOH LAPORAN
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Penggunaan internet bukanlah suatu hal yang istimewa atau khusus untuk
kalangan tertentu, baik dari segi profesi, kalangan masyarakat, pendidikan dan
usia, dan hampir semua golongan mengetahui dan akrab dengan internet.
Seiring dengan berjalannya waktu yang pesat, banyak situs dan
aplikasi pertemanan promosi dan aplikasi-aplikasi lain. Diantaranya adalah
Google Talk, AIM, Yahoo, Live Mesengger, My Space, Friendster, Twitter dan
Facebook.
Pada Proposal penelitian ini kami mencoba menganalisa dampak pengarus
Facebook terhadap pelajar dan menghubukannya terhadap tingkat prestasi belajar
mereka masing-masing. Proposal penelitian ini sudah kami rancang sedemikian
rupa sesuai dengan topik yang sudah kami bahas dengan materi serta pembahasan
secara garis besar. Berikut ini adalah isi daripada karya tulis yang sudah kami
buat. Semoga anda membacanya memperoleh pengetahuan seperti yang anda inginkan
sebelumnya.
1.2 Rumusan
Masalah
Dalam Proposal ini, rumusan masalah yang kelompok kami dapat disimpulkan
sesuai dengan masalah pada judul penelitian kami adalah sebagai berikut :
a) Apa sebenarnya yang
dimaksud dengan FB ?
b) Mengapa banyak remaja
yang menggunakan FB ?
c) Apa dampak FB bagi
kalangan remaja ?
1.3 Tujuan
Penelitian
a) Untuk mengetahui arti FB
sebenarnya
b) Untuk mengetahui alasan
remaja mengetahui FB
c) Untuk mengetahui dampak
positif dan negatif dari FB bagi kalangan remaja
1.4 Hipotesis
Hipotesis kelompok kami dapat disimpulkan pada proposal ini terdiri dari 2
bagian yaitu sebagai berikut :
Ho : Tidak
adanya pengaruh Facebook siswa MA NURUL HUDA terhadap prestasi belajar
Hi : Adanya
pengaruh Facebook siswa MA NURUL HUDA terhadap prestasi belajar
1.5 Operasionalisasi
Variabel
Variabel yang ada dalam Karya Tulis ini terbagi menjadi 2 variabel, yaitu :
- Variabel
Bebas : Pengaruh Facebook terhadap
pelajar
- Variabel
Terikat : Prestasi Belajar
BAB II
METODE PENELITIAN
Pada bagian ini, metode penelitian yang kami gunakan adalah metode
penelitian kuantitatif dengan pendekatan secara deskriftif.
Metode penelitian yang kami gunakan pada laporan hasil penelitian kami ini
juga meliputi beberapa indikator.
2.1 Jenis
Penelitian
Jenis penelitian yang kelompok kami terapkan pada laporan hasil penelitian
ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Kami memilih jenis penelitian tersebut
karena disebabkan jangka waktu yang kami miliki hanya sebentar sehingga tidak
memungkinkan kami untuk menerapkan jenis penelitian kualitatif.
2.2 Lokasi
Penelitian
Lokasi yang menjadi tempat bagi kami untuk melakukan penelitian adalah
lingkungan MA NURUL HUDA seluruhnya.
2.3 Metode
Pengumpulan Data
Metode yang kami lakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Metode Observasi
Yaitu dilakukan dengan cara melakukan pengamatan secara langsung terhadap
aktifitas di lapangan.
2. Metode Study Pustaka
Yaitu berupa kajian literature yang sesuai dengan penelitian baik berupa
buku maupun dari sumber internet.
2.4 Populasi
dan Sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA NURUL HUDA.
Sedangkan, sampel yang berjumlah 2 orang siswa MA NURUL HUDA dari masing-masing
kelas.
BAB III
MATERI PENJELASAN TENTANG FACEBOOK
3.1 Sejarah
Facebook
Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari
2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg.
Pada Juli 2007 situs ini memiliki jumlah pengguna terbesar diantara
sistus-situs lain.
3.2 Dampak
Positif Facebook
a. Lebih informatif, ada
new speed, status update, photos, posted item. Kita bisa dengan mudah memantau
hal apa saja yang terjadi.
b. Lebih mudah mengecek
pembicaraan dengan rekan-rekan kita.
c. Jika ada event kemudian
ada foto-foto, kita bisa men-tagged teman kita sehingga bisa melihat foto
tersebut dari tempat mereka.
3.3 Dampak
Negatif Facebook
a. Autis membayangi kita
b. Minimnya sosialisasi
dengan lingkungan
c. Boros
d. Mengganggu kesehatan
e. Waktu belajar kurang
f. Kurangnya perhatian
untuk keluarga
g. Tersebarnya data pribadi
h. Mudah menemukan sesuatu
berbau pornografi dan sex
i. Rawan terjadinya
perselisihan
j. Rawan penipuan
3.4 Alasan
Remaja Menggunakan Facebook
1. Mempermudah kegiatan
belajar, karena dapat digunakan sebagai sarana untuk berdiskusi dengan teman
2. Mencari dan menambah
teman, karena akun FB dapat berteman kembali dengan teman lama
3. Menghilangkan kepenatan
belajar, itu bisa menjadi obat stres setelah seharian bergelut dengan pelajaran
di sekolah.
3.5 Pencegah
hal-hal yang Tidak Diinginkan Dalam Menggunakan Facebook
1. Memasang fhoto profil
yang sopan karena dengan memasang foto profil ydapat menimbulkan bahkan
menimbulkan nafsu
2. Membuat FB yang tidak
menyindir siapapun. Jangan sekali-kali melampiaskan kepada orang lain di
jejaring sosial.
3. Bersikap sopan jaga
tingkah laku dan ucapan kita karena dilihat dan disaksikan orang banyak
4. Menulis sesuatu dan
menjelekkan orang lain membuat pengguna FB yang lain merasa malu dan terimidasi
dengan sikap kita yang sebenarnya hanya bercanda.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan terhadap seluruh siswa
MA NURUL HUDA, facebook adalah suatu jejaring sosial yang mempunyai beberapa
kelebihan dan kekurangan. Facebook juga mempunyai beberapa manfaat, namun juga
memberikan dampak negatif. Semua itu tergantung pada diri kita sendiri.
Akan tetapi dampak buruk facebook terhadap kehidupan sosial remaja lebih
berbahaya dan perlu diantidifasi.
4.2 Saran
a. Remaja
Sebaiknya para remaja dapat menggunakan facebook secara konsekuen dengan
cara memilih waktu antara waktu belajar dan menggunakan facebook.
b. Sekolah
Sebaiknya diadakan pembinaan dan sosialisasi terhadap remaja yang nantinya
remaja mengerti apa dampak buruk dari facebook.
SUMBER
DATA :
http://alihusain170491.blogspot.co.id/2013/05/laporan-formal-dan-non-formal.html
http://seputarpengertian.blogspot.co.id/2015/02/seputar-pengertian-laporan.html
http://devisofiah23.blogspot.com/2015/01/contoh-laporan-penelitian-sosial.html
0 komentar:
Posting Komentar