SURAT MENYURAT
A. PENGERTIAN SURAT MENYURAT
Secara umum surat adalah suatu sarana untuk
menyampaikan informasi atau pernyataan secara tertulis kepada pihak lain baik
atas nama pribadi ataupun kedinasan. Surat juga merupakan wakil resmi dari yang
mengirim untuk membicarakan masalah yang dihadapi . secara singkat dapat
ditemukan bahwa surat adalah alat komunikasi yang penrting salam tata kerja tata
usaha, apabila terjadi hubungan surat menyurat
secara terus menerus dan berkesinambungan maka kegiatan ini disebut
surat menyurat atau lazimnya korespondensi.
B. FUNGSI SURAT MENYURAT
Surat yang berfungsi sebagai salah satu alat
komunikasi dalam dunia usaha dan perkantoran, selain itu juga dapat berfungsi
sebagai:
- Alat bukti tertulis : adanya hitam diatas putih yang berguna untuk menjadikan buti apabila terjadi perselisihan atau salah tafsir anatar kantor atau pejabat yang mengadakan korespondensi.
- Alat pengingat : berguna untuk mengetahui hal-hal yang terlupa atau telah lama .
- Bukti historis : berguna sebagai bahan riset mengenai keadaan atau aktifitas suatu organisasi pada masa lalu.
- Duta organisasi : suart dapat menceminkan keadaan mentalitas , jiwa dan kondisi intern dari organisasi atau kantor yang bersangkutan
- Pedoman : surat juga merupakan pedoman dalam pelaksanaan pekerjaan .
C. SYARAT-SYARAT DALAM SURAT
MENYURAT
- Jelas : Jelas disini berarti tulisan mudah dibaca dan mudah dipahami baik dari identitas si pengirim surat , nama dan alamat yang dituju , serta dari isi surat itu sendiri.
- Benar : Benar disini bearti isi dari surat tersebut memang benar maksud dan tujuannya (tidak untuk iseng) , serta mengunakan kosa kata yang baku.
- Sopan : Sopan disini berarti mengunakan bahasa yang tidak hanya baku tetapi juga memiliki sopan santun.
- Singkat/ tidak terlalu bertele-tele : Singkat disini bukan berarti penulisan katanya yang harus di singkat-singkat , tetapi menggunakan bahasa yang efektif sehingga surat tidak terlalu panjang lebar.
- Lengkap : Lengkap disini bearti maksud dan tujuan sudah terwakili atau tertuang semua didalam surat.
- Menarik. : Menarik disni bukan bearti harus menggunakan kosakata seperti di iklan-iklan yang sering kita jumpai, tetapi kertas dan sampul surat harus serasi, bersih dan rapi sehingga enak dipandang dan dibaca.
D. BAGIAN-BAGIAN SURAT MENYURAT
- Kepala surat/ kop surat.
Kepala surat atau yang sering disebut dengan kop
surat merupakan bagian teratas dalam sebuah surat. Fungsi penyertaan kepala
surat tersebut tidak lepas dari pemberian informasi mengenai nama, alamat,
kegiatan dari lembaga tersebut serta juga bisa menjadi alat promosi . bagian
surat pertama ini berisi:
v Logo atau lambag dari sebuah instansi,
lembaga , perusahaan atau organisasi
v
Nama
instansi , lembaga , perusahaan, atau organisasi tersebut.
v
Alamat
instansi ,lembaga, perusahaan , atau organisasi tersebut.
v Nomor telepon, kode pos, alamat email atau
alamat web.
- Tempat dan tanggal surat.
Pencantuman temapt dan tanggal surat sendiri
ditujukan untuk memberikan informasi mengenai tempat dan tanggal penulisan
surat tersebut. Untuk tempat biasanya tdak dicantumkan kembali jika tempat
sudah ditulis dikepala surat yang erupa alamat instansi.
- Nomor surat.
Sebuah surat resmi yang mewakili sebuah lembaga,
instansi, perusahaan atau organisasi biasanya menggunakan penomoran terhadap
surat yang dikeluarkan atau yang diterima. Nomor surat biasanya meliputi nomor
urut penulisan suart , kode surat, tanggal surat. Penomoran surat tersebut
berfungsi untuk memudahkan pengaturan baik untuk penyimpanan maupun penemuan
kembali bila diperlukan, mengetahui jumlah surat yang diterima dan dikeluarkan,
memudahkan pengklarifikasian surat berdasarkan isinya, dan penunjukan secara
akurat sumber dalam hubungan surat meyurat.
- Lampiran .
Bagian lampiran merupakan bagiana penjelas yang
menginformasikan bahwa ada sejumlah berkas atau dokumen yang disertakan dalam
surat tersebut. Jika tidak terdapat berkas atas dokumen yang dilampirkan maka
bagian lampiran bisa ditiadakan.
- Hal atau perihal.
Hal atau perihal adlah bagian yang menunjukan
pokok isi surat. Isi dari hal ini singkat saja , jika agak panjang bisa
dijadikan dua atau tiga baris agar tidak menggangu format.
Alamat Dalam.
Penulisan alamat dalam dapat ditulis sbb :
v penulisan kata Yth. Mengikuti ornag yang
dikirimi surat.
v Yang diberikan kata Yth. Adalah orangnya
bukan lemabaga nya.
- Salam Pembuka.
Salam pembuka berfungsi sebgai sapaan dalam surat.
Salam pembuka ditulis dengan huruf kapital diawal dan diakhiri oleh tanda koma.
Contoh :
v Dengan hormat,
v
Salam
pramuka,
v Asslamulaikum wr, wb.
- Isi Surat.
Isi surat terdiri dari 3 bagian yaitu : bagian pembuka
sebagai alenaia pertama yang berfungsi sebagai kata pengantar terhadap
informasi yang disampaikan, bagian isi yang berisi informasi yang akan di
sampaikan, dan bagian penutup yang berisi ucapan terima kasih dari penulis
surat kepada pembaca surat.
- Salam Penutup.
Penutupan surat biasanya menggunakan kata :
“hormat saya, hormat kami, Wassalam”. Penulisan salam penutup tersebut seperti
salam pembuka yang diawali oleh huruf kapital dan diakhiri dengan tanda koma.
- Nama jelas pengirim dan tanda tangan.
Setelah salam penutup , terdapat pula nama jelas
pengirim surat beserta tanda tangannya.
- Tembusan .
Tembusan merupakan bagian surat yang menunjukan
pihak atau irang lain yang juga berhak mendapatkan surat tersebut. Contoh :
Tembusan :
1.
Kepala
SMA negeri 01 Tanjung
2.
Pembina
OSIS SMA Negeri 01 Tanjung
E. CONTOH SURAT
sumber :
2 komentar:
Konsep surat pernyatan tentang salah satu ahlinwaris maunmenjusl bagiannya ke pihak lain.
terima kasih, izin share
Posting Komentar