Kamis, 06 November 2014

TULISAN

PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA USIA DINI
Dalam era globalisasi menuntut kita dapat menggunakan beberapa  bahasa asing agar dapat berkomunikasi dengan orang asing di Negara lain maupun Negara kita sendiri. Salah satu bahasa kedua  yang menjadi bahasa internasional yaitu penggunaan bahasa inggris. Bahasa inggris tidak yang hal yang tabu lagi di Negara kita, karena di dunia pendidikan pun bahasa inggris merupakan menjadi bahasa asing yang wajib kita pelajari, mulai dari sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi. Namun disayangkan masih banyak siswa yang masih mengeluh terhadap pelajaran bahasa inggris dengan alasan kosa kata, rumus, dan pola pengucapan yang sulit untuk di ingat padahal pembelajaran telah mereka dapatkan di bangku sekolah dasar tapi Melihat hal ini telah menunjukan bahwa kurangnya ketertarikan mereka terhadap bahasa asing padahal hal itu bisa menjadi modal mereka  di dunia kerja kelak.

Dengan fakta-fakta yang ada hendaknya kesadaran akan bahasa asing harus segera ditingkatkan. penggunaan bahasa asing  dapat di terapkan di usia dini seorang anak, mulai dari lingkungan keluarga yang mulai memperkenalkan bahasa asing. Dengan kebiasaan berkomunikasi dengan bahasa asing maka  mereka akan mudah menerima bahasa lain dan tak merasa kesulitan ketika mempelajari bahasa asing lainnya. Begitu banyak manfaaat yang akan dirasakan oleh seorang anak ketika pada usia dini sudah mendapatkan bahasa ibu dan bahasa asing dari kedua orang tua maupun keluarganya.
Berdasarkan penelitian  terbaru yang membuktikan bahwa bayi bilingual atau berbicara dengan dua bahasa mempunyai kemampuan bicara yang jauh lebih baik pada saat si kecil mulai memasuki usia balita. Hasil penelitan tersebut mengungkapkan bahwa bayi yang tumbuh besar dengan dua bahasa terbukti otaknya dimasa depan akan lebih fleksibel untuk dapat mempelajari suatu objyek dan peritiwa melalui dua bahasa, fleksibilitas yang terdapat diantara kedua hal tersebut sangat baik untuk otak. Mempelajari keduanya bagi bayi sama halnya seperti olahraga , semakin sering otak di latih maka akan semakin ahli . Kemampuan dari otak bayi tersebut akan terus meningkat apabila mereka mendengar cukup banyak bahasa di dalam rumah.


Maka dapat disimpulkan bahwa tugas untuk memberikan pembelajaran terhadap bahasa asing tidak hanya tergantung tenaga didik yang ada di sekolah, namun didikan dari keluarga juga sangatlah berdampak  besar terhadap perkembangan otak anak dalam mempelejari sesuatu. Pada era global seperti sekarang kemampuan berbahasa asing sangat diperlukan. Maka, dengan mempelajari bahasa inggris di usia dini sangatlah bermanfaat bagi anak itu sendiri seperti  akan mempermudah mereka untuk berkomunikasi , memberikan semangat mempelajari bahasa asing, bisa menjadi modal awal dalam mendapatkan pekerjaan dimasa depan, dan modal untuk bisa bersaing dengan Sumber Daya Manusia di Negara lain. Ketika sumber daya manusia sudah dapat bersaing dengan Negara lain maka itu juga akan berdampak positif yaitu  terhadap perekonomian Negara tersebut. 

0 komentar:

Posting Komentar