Sabtu, 11 Maret 2017

AKUNTANSI INTERNASIONAL


DIMENSI AKUNTANSI ATAS TRANSAKSI INTERNASIONAL
(AKUNTANSI INTERNASIONAL)

Pengertian Akuntansi Internasional
            Akuntansi Intenasional merupakan sebagai transaksi internasional, perbandingan  akuntansi antara Negara yang berbeda dan harmonisasi berbagai standar akuntansi dalam bidang kewenangan pajak, auditing , dan bidnag akuntansi yang lain.
Akuntansi internasional memiliki dua aspek bahasan utama yaitu ;
1.      Pada aspek pertama , akuntansi internasional membahas gamabaran standar akuntansi dan praktek akuntnsi pada bebagai negara serta membnadingkan standard dan praktek tesebut pada masing-masing negara yang dibahas.
2.      Pada aspek kedua , aspek akuntansi internasional membahas mengenai laporan keuangan , valuta asing, perpajakan, audit internasional , serta manajemen untuk bisnis internasional.
Maka dibawah ini akan membahas tentang aspek kedua dari akuntansi internasional.
A.    Pajak Internasional
Pajak internasiona adalah hukum pajak nasiona yang terdiri dari kaedah, baik berupa kaedah nasional mauun kaedah yang berasa dari traktat antar negara dan dari prinsip yang telah diterima oleh negara-negara dunia untuk mengatur soal-soa perpajakan dan dapat ditunjuka unsur-undur asing, baik berupa subjek maupun objeknya.
Tujuan kebijakan perpajakan Internsional adalah untuk memajukan perdagangan antara negara, mendorong laju investasi dimaing-maisng negara, pemerintah berusaha untuk meminimalkan pajak yang menghambat perdagangan dan investasi degan cara melakukan penghindaran pajak berganda internasional.
Prinsip-prinsip yang harus dipahami daamperpajakan internasional
1.      Capital Ecport Neutrality(netralitas pasar domestic)
Beban pajak yang harus dibayar dalam berinvestasi baik didalam atau diluar negeri harus lah sama. Hal ini akan melandasi UU PPh pasal 24 yang mengatur tentang kredit pajak luar negeri.

2.      Capital Import neurality  (Netralitas Pasar Internasional)
Dari manapun investasi berasal, dikenakan ajak yang sama . sehingga baik inverstr dari dalam maupun luar negeri akan dikenakan tariff pajak yag sama bila berinvestasi disuatu negara.
3.      National Neutrality
Setiap negara mempunyai bagian pajak atas penghasilan yang sama. Sehingga bila ada pajak lua negeri yang tidak bias dikreditkan  boleh dikurangkan sebagai biaya pengurang laba.
Sumber-sumber hukum pajak internasional
1.      Hukum pajak nasional yaitu peraturan pajak sepihak yang tidak ditujukan kepada pihak lain.
2.      Traktat yaitu perjanjian pajak dengan negara lain, yang berfungsi untuk :
·         menghindari pajak berganda
·         mengatur pelakuan fiscal dengan negara lainmengatur mengenai laba BUT
·         memberantas penyeludupan pajak
·         menetapkan tariff douane
3.      putusan hakim (nasional atau interasional)
Hukum Pajak Internasional
teacher memeberikan kesimpulan bahwa dalam pajak intenasional dalam arti luas termasuk sebagai berikut :
1.      hukum pajak internasiona dan nasional

2.      hukum yang mengtur perjanjian pajak untuk mencegah pajak ganda dan lain-lain perjanjian internasional.
3.      Bagian dari hukum antar bangsa, yaitu :
·         Peraturan hukum yang mengatur soal-soa pajak dalam hukum internsional/ antar bangsa yang diaui ecara umum.
·         Keputusan pengadilan internsional Den Haag yang memuat soal-soal perpajakan.
·         Apa yang teah beken=mbang sebagai hukum pajak pada masyarakat internasional (tertentu).

B.    Audit Internasional
Pada awalnya KAP dibentuk di Inggris pada abad ke 19 dan berlajut di Amerika Serikat, Karena ada peningkatan hbungan perdagangan antara Iggris dan AS  dirasa perlu adamya KAP yang beroperasi secara Internasional maka KAP-KAP kesil bergabung melaui proses merger dan akuisisi membentuk KAP  yang lebih besar dan dapat beroperasi di berbagai negara. Adapun  yang termasuk the big six yang bekerja secara internasional adalah:
·         Arthur Andersen
·         Coopers & Lybrand
·         Deloitte Ross Tohmatsu
·         Ernest & Young
·         KPMG Peat Marwick
·         Price Waterhouse

Prinsip dasar Audit Internasional
1.      Integritas, obyektifitas , dan independensi ,yaitu auditor internasional salam mengaudit tidak boleh subjektif.
2.      Kerahasiaan, yaitu data perusahaan tidak boleh diberikankepada pihak yang  tidak seharusnya mengunakan.
3.      Keahian dan kompetensi, yaitu auditor internasionla harus memiliki keahlian tertentu sebelum melakukan audit.
4.      pekerjaan yang dilakukan orang lain, yaitu seorang auditor tidak mengaudit perusahaan miliknya sendiri.
5.      Dokumentasi, yaitu segala yang berkaitan dengan proses audit  harus didokumentasikan.
6.      Perencanaan, yaitu proses audit harus direncanakan terlebih dahulu .
7.      Bukti audit, yairu bukti audit yang relevan denga proses pegauditan.
Auditor Internasional harus terlebih dahulu memdapatkan sertifikasi untuk praktek secara internasional. Sertifikasi  itu berdasarkan latar belakang pendidikan formal dibidang akuntansi dan pegalaman.
Sehubung dengan adanya perbedaan bentu laporan audit diberbagai negara maka di keluarkanlah beberapaaturan oleh internasinal auditing Practice commite (AIPC) yang merupakan omite senior dari IFAC . hingga saat ini dari hasil survey perbandingan antara negara didapat kan bahwa perbedaan laporan audi dibberapa negara adalah:
·         Alamat pihak yang dituju di laporan audit
·         Tidak menentkan prinsip akuntansi yang endasari laporan Keuangan.
·         Indeksasi laporan audit.
Laporan keuangan yang digunakan dinegara lain adalah ketika audit atas laporan keuangan perusahaan multinasional sesuai dengan standart audit yang diterima perusahaan induk serta pelaporan auditor domestic mengenai entitas dimestic bias menggunakan prinsip akuntasni yang diterima umum dinegara lain.
C.    Valuta Asing
Tranlasi mata uang asing adalah proses pelaporan infrmas keuangan dari satu mata uang ke mata uang lainnya. Adapun alasan dilakukannya translasi amata uang asing adalah:
·         Mempersiapkan laporan keuangan gabungan
·         Menghitung lap. Keuangan mata uang asing dari anak perusahaan terhadap mata uang induk perusahaan.
·         Mencatat translasi mata uang asing
·         Memperhitungkan efekya perusahaan terhadap translasi mata uang asing
·         Berkomunikasi dengan peminat saham asing.

Metode Translasi mata uang asing
1.      Nilai tukar tunggal.
Metode ini mengaplikasikan nilai tukar tungga, harga penutupan  saat itu terhadap saham dan hutang asing. Pendapatan dan beban biasanya ditranslasikan oleh rata-rata nilai tukar saat itu pda setiap periode.
2.      Current-Noncurrent
Asset lancer yang dimiliki anak perusahaan saat itu dan hutang lancer ditranslasi kedalam mata uang induk perusahaan mereka pada laporan keuagan dengan kurs saat ini.
3.      Moneter_Nonmoneter
Metode ini menggunakan skema klasifikasi neraca untuk menukarkan nilai tukar mata uang asing yang sesuai.
4.      Kurs Sementara.
Translasi mata uang asing tidak merubah sebuah item yang dihitung, ha tersebut hanay merubah unit perhitungannya saja. Denga kata ain translasi mata uang asing neraca disajika ulang menggunakan mata uang item tersebut tetapi bukan penilaian actual.
5.      Nilai Tukar Ganda.
Metode ini mengkombinasikan kurs saat ini dan jurs historis dalam proses translasi mata uang asingnya.

D.    Pelaporan dan pengungkapan akuntansi Internasional
Pelaporan adalah proses mengidentifikasikan, mengelompokan, dn menghitung aktivitas ekonomi dan transaksi yang memebeikan masukan mendalam mengenai profitabilitas dan operasi. Sedangkan pengungkapan adalah proses kominukasi kepada pengguna, dimana standard an praktek nya dipengaruhi leh sumber keuangan, system hukum, ikatan politik, tingkat pembangunan ekonomi , tingkat pendidikan, budaya, dan pengaruh lainnya.
1.      Pengungkapan informasi progresif

Yaitu pertimbanagn tinggi yang relevan di dalam kesetaraan pasar dunia. Informasi ini mencakup ramalan pendapatan, laba rugi persaham , penegluaran modal, dan pos keuangan lainnya.
2.      Pengungkapan Segmen

Investor dan analisis menuntut informasi hsil perusahaan industri dan segmen geografis usaha dan keungan signitifikan dan berkembang. Pengungkapan segmen membantu para pengguna laporan keungan untuk memahami secara lebih baik bagaimana bagian-bagin dalam suatu perusahaan berpengaruh terhadap keseluruhan perusahaan.
3.      Pelaporan Pertanggungjawaban social
Perusahaan dituntut untuk menunjukan tanggung jawab kepada stakeholder, karyawan, pelanggan , pemasok, pemerintah, kelompok aktifis dan masyarakat umum.laporan ini mengacu pada penukuran dan komunikasi informasi tentang pengaruh perusahan terhadap kemakmuran pegawi, komunitas social dan lingkungan.
4.      Pengungkapan Pengelolaan Perusahaan
Pengelolaan perusahaan adalah system dimana peusahaan di arahkan da dikendalikan. Dianatara permaslahan pengelolaan perusahaan adalah hak dan perlakuna pemeang saham , pertanggung jawaban direksi, pengungkpan dan transparansi , dan prna pemegang saham.
5.      Pengungkapan dan laporan Bisnis di Internet.
Pengungkaan dan pelaporan bisnis juga dapat di lakukan melalui internet, dimana semua pihak yang berkepentingan dapat mengakses informasi keuangan. Dengan menggunakan internet, investor jua dapat melakukan transaksi perdagangan dan membuat keputusan investasi dengan satu klik.


sumber :












2 komentar:

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

Lady Jane mengatakan...

Halo Semua, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi Asia yang bersatu, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua orang Indonesia yang mencari pinjaman Internet agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan penipu dan fraudstars banyak kreditur kredit palsu ada di sini di internet dan ada juga yang asli dan nyata,

Saya ingin membagikan testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran. biaya. . , Biaya garansi, dan setelah pembayaran saya masih belurrm mendapat pinjaman saya.

Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang mendapatkan pinjaman onlinenya sendiri, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga 2% rendah, tidak peduli berapa usiaku, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya inginkan adalah membangun bisnis saya dan pinjaman saya mudah disetujui. Tidak ada tekanan dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta dikembalikan, maka uang pinjaman saya disimpan ke rekening bank saya dan mimpiku menjadi kenyataan. Jadi saya ingin saran semua orang segera melamar kepada Mr. Dangote Loan Company Via email (dangotegrouploandepartment@gmail.com) dan Anda juga bisa bertanya kepada Rhoda (ladyrhodaeny@gmail.com) dan Mr. jude (judeelnino@gmail.com) dan Juga Pak Nikky (nicksonchristian342@gmail.com) untuk pertanyaan lebih lanjut

Anda juga bisa menghubungi saya melalui email di ladyjanealice@gmail.com

Posting Komentar