Senin, 02 Juni 2014

INFORMASI SEPUTAR DUNIA AKUNTANSI

DUNIA SEPUTAR AKUNTANSI


Selamat Datang di dunia  FAKULTAS EKONOMI dalam jurusan AKUNTANSI yang dari zaman dahulu sampai sekarang masih menjadi salah satu jurusan terfavorit di setiap universitas negeri maupun swasta. Dari beberapa hasil survey yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa, jurusan akuntansi merupakan salah satu jurusan yang tenaga kerjanya akan banyak di butuhkan di masyarakat baik di masa kini maupun di  masa yang akan datang.

Pengertian dari akuntansi itu sendiri adalah proses menelusuri transaksi keuangan dari suatu perusahaan, yaitu masuk dan keluarnya aliran dana yang pada akhirnya akan menentukan laba atau rugi nya suatu perusahaan. Melihat  banyaknya perusahaan yang berdiri di masa sekarang akan  memberikan  dampak bahwa dimasa yang akan datang akan ada banyak lagi para wirausahawan yang akan berpartisipasi dalam dunia bisnis dengan membangun perusahaan dimasa yang akan datang.  Hal ini  juga sekaligus memberikan dampak positif terhadap lulusan dari jurusan  akuntansi akan banyak diperlukan di berbagai perusahaan, dari perusahaan kecil sampai perusahaan besar sekalipun memerlukan orang-orang yang ahli dalam akuntansi untuk melakukan perhitungan keuangan perusahaan mereka.

Mempelajari akuntansi tidak berarti hanya mengandalkan bakat matematika dan bisnis, namun juga minat di bidang hukum dan ilmu ekonomi, karena mereka  dituntut untuk menguasai berbagai pengetahuan mengenai transaksi keuangan, perpajakan, dan kebijakan pemerintah. Jadi, akuntansi itu tidak sesederhana ilmu menghitung akan tetapi juga mencakup bidang studi yang luas.

Kebanyakan orang berfikiran bahwa jika menjadi sarjana akuntansi pastilah akan menjadi seorang akuntan. Memang benar akan hal tersebut, pekerjaan yang menjadi tujuan dari semua para sarjana akuntansi adalah sebuah menjadi seorang akuntan. Namun, jika dilihat lebih dalam lapangan pekerjaan dari bidang studi akuntansi tidaklah sesempit itu, karena ternyata begitu banyak prospek kerja yang di tawarkan dari bidang ini ke pada para lulusannya.
Adapun prospek karir yang bisa di dapat dari bidang studi akuntansi adalah:
a.  Akuntan, baik akuntan publik, akuntan perusahaan, maupun akuntan pemerintah.
b. Internal auditor perusahaan nasional, multinasional, dan internasional.
c.  Administrasi keuangan perusahaan.
d.  Administrasi perpajakan di direktorat pajak, maupun pusat dan daerah.
e.  Auditor di Badan Pemeriksa Keuangan.
f.    Konsultan keuangan dan konsultan pajak.
g.  Staff akuntansi diPerbankan.
h. Tenaga pengajar akuntansi ( seperti dosen, guru SMA/SMK)
i.   Wirausahawan, dll.

Sekarang, bagaimana pemikirin anda dengan jurusan yg satu ini?? Apakah berminat untuk menggeluti dunia ini?? Jika anda orang yang ahli dalam berhitung kenapa tidak,karena dalam bidang studi ini tidak kalah bagusnya dengan bidang studi favorit lainnya. Bidang studi yang tidak hanya terfokus pada satu pekerjaan serta, dengan menjanjikan penghasilan yang cukup tinggi jika anda benar-benar bisa menerapkan ilmu yang sudah anda dapatkan dari dunia perkuliahan ke dunia kerja yang akan membimbing anda menuju kesuksesan. 

0 komentar:

Posting Komentar