Senin, 02 Juni 2014

PENDAPAT TENTANG MATA KULIAH SOFT SKILL

SOFTSKILL


Softkill adalah keterampilan atau bakat dalam  yang dimiliiki oleh setiap manusia yang tidak dapat terlihat secara kasat mata, kerena  kemampuan softskill adalah kemampuan yang  berhubungan dengan kehidupan sosial yaitu seperti  bagaimana masing-masing individu untuk berinteraksi, berkomunikasi, memecahkan masalah, bekerja sama  dengan orang lain dan berfikir secara kreatif dan inovatif.

Kemampuan softskill sangatlah berhubungan dengan kemampuan hardskill, kedua hal tersebut saling ketergantungan karena peran satu sama lainnya sangatlah penting dalam kehidupan setiap individu. Namun banyak orang yang salah akan asumsi terhadap kemampuan softskill. Mereka beranggapan bahwa kemampuan hardskill itu lebih penting dalam memperoleh suatu pekerjaan, karena hasil usaha yang dilakukan dapat dilihat secara nyata. Namun anggapan seperti ini harus segera dihilangkan, karena akan mempersulit jalan mereka dalam memperoleh pekerjaan di masa depan.

Kenapa seperti itu?? Banyak perusahaan yang mencari para pelamar pekerjaan yang memiliki nilai plus yaitu kemampuan soft skill yang bagus disamping nilai indeks prestasi yang mereka dapat selama mengenyam pendidikan di sebuah universitas.  mereka beranggapan bahwa setiap orang bisa mendapatkan nilai yang bagus jika mereka belajar dengan giat, namun orang yang memiliki kemampuan akan softskill  yang bagus sulit untuk dicari.

Kemampuan softskill akan memperlihatkan bagaimana cara seseorang dalam berinteraksi kepada sesama dalam dunia kerja, cara menciptakan komunikasi yang baik antar sesama, ke kompakkan dalam bekerja sama di dalam perusahaan, serta memecahkan masalah yang ada dengan ide-ide yang kreatif dan inovatif. Tidak hanya perusahaan tetapi semua lembaga dan instansi pasti menginginkan para karyawan yang tidak hanya memiliki kemampuan hardskill yang baik tetapi juga kemampuan softskill yang bagus.
Masih banyak lagi hal-hal yang berhubungan dengan kemampuan softskill yang dapat membentuk karakter seorang individu. Memiliki softskill yang bagus sangatlah bermanfaat bagi setiap individu itu sendiri tidak hanya sebagai atribut kualitas jasa tetapi juga bisa  membuat mereka bersifat mandiri, berkepribadian yang luas, memiliki  kepercayaan diri yang tinggi, menumbuhakan kepekaan wawasan pemikiran dan kepribadian, serta membentuk jiwa yang kritis. Sekarang semakin jelas bahwa besarnya pengaruh softskill terhadap kehidupan individu.

Sebaiknya, kemampuan softskill harus dibentuk dari usia dini. Karena, hal tersebut akan berpengaruh terhadap pertumbuhan karakter seseorang pada masa yang akan datang, sehingga mereka akan lebih siap dalam menghadapi persaingan dimasa depan yang akan semakin ketat, dimana persaingan  lebih mengedepankan orang-orang yang lebih unggul dalam kemampuan hardskill dan softskill nya di dunia kerja.






0 komentar:

Posting Komentar