Senin, 18 Januari 2016

CURRICULUM VITAE (CV)

CURRICULUM VITAE


 


A. PENGERTIAN CURRICULUM VITAE (CV)

Curriculum vitae (CV) adalah deskripsi tertulis tentang pengalaman kerja, latar belakang pendidikan, dan keterampilan. CV atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman seseorang dan kualiikasi lainnya. Di beberapa negara, suatu CV biasanya merupakan hal utama yang dijumpai seorang majikan potensial tentan pencari kerja dan sering digunakan untuk menyaring aplikan ketika mencari pekerjaan  dan biasanya di lanjutkan dengan wawancara.

B. MANFAAT CURRICULUM VITAE

Manfaat CV adalah menjelaskan keterangan diri, informasi diri, data diri dan sebagainya. Dengan CV setiap orang yang membaca dan memeriksa CV seseorang akan mengeahui dan menelaah setiap orang dari informasi yang telah diberikan  serta dapat membrikan gambaran seseorang melalui kegiatan-kegiatan atau spesifikasinya dalam pemdidikan dan berorganisasi . dengan kata lain CV menjelaskan kriteria diri dalam bentuk teks.

C. SUSUNAN CURRICULUM VITAE
  • Data Pribadi.

Bagian ini berisi nama, alamat , agama, email , nomor telepon, dan identitas pribadi lainnya.
  • Pendidikan.

Bagian ini menjelaskan latar belakang dan berhubungan dengan pekerjaan yang di tuju . pada umumnya banyak yang membuat CV menjelaskan dari TK, SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi.
  • Pengalaman kerja.

Bagian ini adalah bagian yang paling dilihat oleh perekrut kerja . pengalaman kerja memberikan gambaran apakah seorang kandidat sudah memiliki jam terbang yang cukup atau masih terbatas. Rekruter juga bisa menentukan apakah kandidat dapat segera menyesuiakan diri di organisasi yang baru atau apakah dia butuh penyesuaian panjang.
  • Skill yang dimiliki.

Seharusnya pada bagian in perluu dijelaskan dalam CV skill apa saja yang telah dimiliki sebagai proses belajar maupun pengalaman dari pekerjaan sebelumnya. Dan dibuat dalam bentuk yang meyakinkan dan informatif.
  • Training yang diikuti.

Untuk lebih meyakinkan lagi perlu memasukan daftar training yang pernah siikuti sebelumnya untuk memberikan gambaran sejauh mana pemilik CV telah berkembang dan wawasan apa saja yang sudah di miliki.
  • Prestasi .

Ini adalah bagian yang penting disamping pengalamana kerja yang menjelaskan keunikan , kelebihan, dan prestasi sebagai individu sekaligus pencapaian dibidang tertentu.
  • Kegiatan ekstrakurikuler/kemasyarakatan.

Selain hal-hal yang berhubungan langsung dengan pekerjaan  pada CV juga diperlukan membrikan sedikit gambaran kegiatan yang dilakukan dimasyarakat. Ini akan menunjukan bahwa pemilik CV bisa membagi waktu dan memilki hubungan sosial yang laus , tidak hanya sebatas di lingkunag pekerjaan.

D. CONTOH CURRICULUM VITAE (CV)









SUMBER  DATA :



0 komentar:

Posting Komentar