Kamis, 21 Januari 2016

SAY HI TO YOUR NEW WORLD ^_^

HELLO BILINGUAL HUMAN ^_^  WELCOME TO YOUR NEW WORLD!!!


Bilingual adalah sebuah kata yang mungkin sudah banyak terdengar pada masa sekarang, namun tak sedikit juga  yang  tahu apa sebenarnya hal tersebut Baik dari arti kata,manfaat, serta proses memulai sebuah program bilingual. Maka dari artikel ini saya ingin berbagi pengetahuan kepada kalian semua agar lebih memahami apa sebenarnya hal-hal yang terkait didalam sebuah kata “bilingual”.

Bilingual adalah salah satu bentuk kemampuan yang dimiliki manusia dalam memakai dua atau leih bahasa asing dengan baik . mempunyai skill atau kemampuan dalam berbagai bahasa sangatlah penting pada masa sekarang, karena kita mempermudah kita berkomunikasi dengan orang asing yang kita temui dari seluruh penjuru dunia. Secara sederhana Bahasa merupakan salah satu hal terpenting yang dimiliki manusia karena merupakan alat untuk ebrkomunikasi, menyampaikan pendapat dan perasaan kita sendiri maka dari itu selain penguasaan terhadap bahsa ibu kita juga harus bisa menguasai bahasa asing lainnya karena hal tersebut akan banyak memberikan kita manfaat baik dari meningkatnya kemampuan cara berfikir, meningkatkan cara kerja otak, lingkungan kerja, serta karier anda dimasa yang akan datang. Untuk secara lebih detail kita akan membahasnya satu persatu, lets check it out guys!!!->>>>>

  • Meningkatkan kemampuan kognitif.

Secara personal mempelajari bahasa asing akan mengasah pemikiran kita karena dalam prosesnya memnfaatkan beberapa kamampuan seperti mengingat, mengenali berbagai jenis kalimat, dan mengusai pengucapan. Mengasah kemampuan akan meningkatkan kognitif yang berkaitan dengan matematika, sastra dan seni. serta tentu saja kemampuan-kemampuan ini menjadi nilai lebih dalam didunia kerja.
  • Meningkatkan rasa percaya diri.

Memiliki kemampuan yang tidak dimiliki oleh orang lain dapat menjadi pendorong naiknya rasa percaya diri yang pada akhirnya menimbulkan sikap positif dalam meyelesaikan tugas dan menghadapi tantangan kerja.
  • Meningkatkan peluang mendapat pekerjaan.

Bagi kalian yang baru lulus kemampuan berbahasa asing dapat menjadi nilai tambha dan membuat anda memiliki kamampuan lebih dibanding sesama lulusan yang tidak mengusai bahasa asing sehingga peuang mendapatkan pekerjaan menjadi lebih terbuka.
  • Membuka kesempatan bekerja  di luar negeri.

Kemampuan berbahasa asing jugga membuka kesempatan bagi kita untuk mencari peluang kerja diluar negeri serta memberi nilai lebih saat harus bersaing untuk mendapatkan penempatan di luar negeri dari perusahaan tepat kita bekerja saat ini.
  • Kesempatan untuk bekerja di perusahaan multinasional.

Dengan semakin banyaknya perusaan multinasional yang meluaskan jaringannya makin terbuka kesempatan kerja bagi orang-orang yang menguasai bahsa universal dalam bisnis seperti bahasa inggris atau bahasa dari mana perusahaan itu berasal.
  • Mengenal dunia lebih luas.

Suatu kebanggan jika menjadi seseorang yang memilki kemampuan bilingual karena bisa memiliki kesempatan untuk lebih dapat mengenal dan berkomunikasi dengan banyak orang dari berbagai belaha dunia. Kerika kita mempelajai sebuah bahasa secara tidak langsung secara otomatis mempelajari kebudayaan dari mana bahasa tersebut berasal.

Selain keuntungan diatas yang kita dapat ketika menjadi “bilingual human” maka terdapat pula dampak yang akan kita dapat untuk diri sendiri yaitu meningkatnya kemampuan kinerja otak.
  • Kelenturan kognitif.

Orang dewasa yang bisa berbicara dua bahasa sejak anak-anak diketahui memiliki fleksibilitas kognitif yang lebih baik. Ini berarti mereka lebih mampu beradaptasi di lingkungan baru atau tak terduga.
  • Otak lebih tajam.

Manfaat ini juga dirasakan oleh mereka yang belajr bahasa asing pada usia dewasa, mereka yang mengusai bahasa asing memiliki kemampuan yang lebih bak dalam membaa dan juga kecerdasan.
  • Melihat secara berbeda.

Orang yang mengusai dua bahasa akan memproses beberapa kata dengan lebih cepat, terutama dua kata yang mempunyai dua arti sama dalam kedua bahasa itu.

  • Menunda penyakit alzheimer.

Walau tidak membuat imun kita kebal terhadap penyakit Alzheimer , tetapi orang billingual ternyata penyakitnya lebih lama baru akan muncul dibanding dengan orang yang berbicara satu bahasa.
  • Kemampuan memecahkan masalah.

Anak-anak yang menguasai dua bahasa juga memiliki hasil tes memecahkan masalah yang lebih baik. Dalam studi yang melibatkan 121 anak , mereka diminta mengerjakan pengulangan angka , soal matematika ,serta membuat pola balok warna.
  • Otak lebih cepat saat berpindah.

Anak-anak yang mempelajari lebih dari satu bahasa ternyata lebih cepat mengganti atau beralih perhatiannya saat tugas-tugas diberikan.
  • Pengambilan keputusan yang baik.

Orang yang berfikir dalam bahasa lain ternyata cenderung membuat keputusan yang rasional. Orang yang melakukan proses berpikir dalam bahasa lain juga tidak terlalu menggunakan emosi daat membuat keputusan.
  • Objectif dan rasional.

Menjadi bilingual membuat seseorang berpikir lebih mandiri tanpa dipengaruhi pendapat atau kepentingan orang lain ketika menghadapi suatu permasalahan . tidak  hanya itu , mereka juga memiliki pertimbangan yang lebih logis yang sesui dengan akal sehat.
  • Memiliki anger management yang baik.

Menurut penelitian Amrican Psychiatric Association, seseorang yang memiliki kemampuan menguasai lebih dari satu bahasa memilki sikap toleransi yang sangat besar dalam banyak hal, mereka juga lebih aktif dalam pergaulan sosial yang dapat menghindarkan dari kesepian atau rasa cemas.

Naah udah baca kan yang artikel diatas? Kamu pasti bisa menyimpulkan sendiri bahwa begitu Banyak manfaat yang akan kita dapat jika memiliki kemampuan berbahasa asing dengan baik terlebih untuk diri kalian sendiri. jika kalian kesulitan dalam memahami berbagai bahasa baru maka tetap lah teguh dalam belajar dan  ingat bahwa jika kalian bersungguh-sungguh dalam suatu hal maka hasilnyapun tidak akan ada yang sia-sia. Once again, keep on mind  “no pain no gain” so don’t give up guys, i know u are smart and u can do it like others..
So what do u think about it ? Tertarik untuk menjadi bagian dari “bilingual human”? jika tertarik ayoo mulai belajar dari sekarang ya, selagi kamu masih muda maka manfaat  waktumu  untuk belajar dan menampung seluruh ilmu sebanyak-banyaknya untuk meraih masa depan yang lebih cerah seperti yang kamu impikan. So keep Fightiiiiing guyss!!!! ^_^ the world in your hand,so lets get it together!!

Sumber data :







0 komentar:

Posting Komentar